Text
Tinjauan desain komunikasi visual kemasan roti di Murni Bakery Yogyakarta
Kemasan telah mengalami penambahan fungsi dimana kemasan tidak lagi hanya sekedar untuk melindungi dan memudahkan produk untuk dibawa tetapi juga berfungsi sebagai media promosi dan komunikasi. hal ini membuat desain kemasan menjadi hal yang berperan penting dalam kemasan. Tinjauan mengambil objek penelitian berupa kemasan kardus roti bakery Yogyakarta yang sudah lama tidak mengalami perubahan pada desain kemasannya.
Penelitian ini difokuskan pada kemasan kardus Murni Bakery pada bulan Oktober 2015. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui mengapa desain kemasan kardus Roti Murny Bakery sesuai dengan teori kemasan yang baik menurut Desain Komunikasi Visual.
Metode penelitian yang digunakan adalah teknik analisis komponensial yang dilakukan dengan observasi dan wawancara. Data yang diperoleh kemudian dipilah dengan observasi dan wawancara. Data yang diperoleh kemudian dipilah dengan berfokus pada kemasan kardus Roti Murni Bakery Yogyakarta. Analisis Komponensial berupa tinjauan pada desain grafis kemasan Murni yang dianalisis menggunakan teori warna, bentk, merek, ilustrasi, tipografi, dan tata letak menurut Desain Komunikasi Visual.
Hasil dari penelitian ini diharapkan dpat memberikan pemahaman bahwa dengan semakin berkembangnya teknologi dan zaman, desain kemasan roti menjadi aspek yang perlu diperbarui sehingga mampu bersaing di pasaran. Pemahaman yang diberikan berupa rekomendasi desain kemasan untuk Murni Bakery Yogyakarta.
Tidak tersedia versi lain